Trend dan current issue Keperawatan Keluarga
 Dunia tanpa batas (global vilage) mempengaruhi sikap dan pola perilaku keluarga.
   Dunia tanpa batas (global vilage) mempengaruhi sikap dan pola perilaku keluarga. Kemajuan dan pertukaran iptek
   Kemajuan dan pertukaran iptek Kemajuan teknologi transportasi  à migrasi mudah  à interaksi keluarga berubah
   Kemajuan teknologi transportasi  à migrasi mudah  à interaksi keluarga berubah Kesiapan untuk bersaing secara berkualitas  à sekolah-sekolah berkualitas
   Kesiapan untuk bersaing secara berkualitas  à sekolah-sekolah berkualitas  Kompetensi global tenaga kesehatan/ keperawatan.
   Kompetensi global tenaga kesehatan/ keperawatan. Pelayanan :
   Pelayanan :  
-  SDM belum dapat menjawab tantangan global  à belum ada perawat keluarga.
-  Penghargaan / reward rendah
-  Bersikap pasif
-  Biaya pelayanan kesehatan rawat inap mahal.
-  Pengetahuan dan keterampilan perawat masih rendah
 Rendahnya minat perawat untuk bekerja dengan keluarga akibat system yang belum berkembang.
   Rendahnya minat perawat untuk bekerja dengan keluarga akibat system yang belum berkembang. Pelayanan keperawatan keluarga belum berkembang  à DEPKES sudah mneyusun pedoman pelayanan keperawatan keluarga dan model keperwatan keluarga di rumah  à perlu disosialisasikan.
   Pelayanan keperawatan keluarga belum berkembang  à DEPKES sudah mneyusun pedoman pelayanan keperawatan keluarga dan model keperwatan keluarga di rumah  à perlu disosialisasikan. Keperawatan keluarga/ komunitas dianggap tidak menantang.
   Keperawatan keluarga/ komunitas dianggap tidak menantang. Geografis luas namun tidak ditunjang dengan fasilitas.
   Geografis luas namun tidak ditunjang dengan fasilitas. Kerjasama lintas program dan lintas sector belum memadai.
   Kerjasama lintas program dan lintas sector belum memadai. Model pelayanan  belum mendukung peranan aktif semua profesi
   Model pelayanan  belum mendukung peranan aktif semua profesi Pendidikan:
   Pendidikan:
- Lahan praktik terbatas; pendirian pendidikan keperawatan cenderung “mudah”
- Penelitian terkait pengembangan dan uji model masih terbatas.
- Sarana dan prasarana pendidikan sangat terbatas.
- Rasio pengajar : mahasiswa belum seimbang.
- Keterlibatan berbagai profesi selama pendidikan kurang.
 Profesi:
   Profesi:
- Standar kompetensi belum disosialisasikan
- Belum ada model pelayanan yang dapat menjadi acuan
- Kompetensi  berbagai jenjang pendidikan tidak berbatas.
- Mekanisme akreditasi belum berjalan dengan baik.
- Peranan profesi di masa depan dituntut lebih banyak.
- Perlu pengawalan dan pelaksanaan undang-undang praktik keperawatan
 
 
No comments:
Post a Comment