Friday, July 1, 2011

Resume Agama

1. PENGERTIAN AGAMA.

Diantara sekian banyak pendapat yang dikemukakan para ahli,ada yang menyebutkan bahwa agama berasal dari kata sanksekerta GAM yang artinya pergi,yag kemudian setelah mendapat awalan A dan akhiran a (a-gam-a) artinya menjadi jalan.Gam dalam bahasa sangsekerta ini mempunyai pengertian yang sama dengan to go (inggris),gehen(jerman) dan Gaan (belanda) yang artinya juga pergi.Adanya persamaan arti ini dapat dimaklumi mengingat bahasa sangsekerta dan bahasa-bahasa eropa tersebut adalah sama-sama termasuk rumpun bahasa indo-jerman.Sebagian orang mengemukakan rumusan bahwa yang disebut agama itu ialah suatu jalan yang harus diikuti supaya orang dapat sampai kesuatu tujuan yang mulia dan suci.

Pengertian agama Menurut H.Bahrum Rankuti,agama berasal dari kata a-gama,arti a (panjang) ialah cara atau the way,sedangkan gama yang berasal dari bahasa indo-jerman gam berarti sama dengan kata inggris to go yaitu berjalan atau pergi.Jadi agama berarti cara-cara berjalan atau cara-cara sampai kepada keridaan Tuhan.

Dari segi bahasa (etiologi) arti agama ada 4 yaitu:
a. Suatu jalan yang harus diikuti,supaya orang dapat sampai ke suatu tujuan yang mulia dan suci.
b. Sesuatu yang tidak berubah atau sesuatu yang kekal abadi.
c. Yang membuat sesuatu tidak kacau.
d. Cara-cara berjalan atau cara-cara sampai kepada keridlaan Tuhan.

Agama mengandung 3 unsur,yakni?
a. Satu system CREDO (tata keimanan atau tata keyakinan)atas adanya sesuatu yang mutlak di luar manusia.
b. Satu system RITUS (tata peribadatan)manusia kepada yang dianggapnya yang mutlak itu.
c. Satu sistim NORMA (tata kaidah)yang mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam lainnya,sesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan termaksud di atas.

Drs.Hasbullah Bakry menyebutkan bahwa agama adalah jalan hidup dengan kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta berpedoman kitab suci dan dipimpin oleh seorang Nabi.

Agama mengandung 4 unsur yaitu:
a. Agama itu merupakan jalan hidup atau way of life.Suatu jalan muamalah yang kongkrit.Dia memiliki aturan-aturan tertentu guna pedoman bagi amal kehidupan penganut-penganutnya.
b. Agama itu mengajarkan kepercayaan (keimanan) adanya Tuhan yang Maha Esa.Tuhan itu mustakhil tidak ada dan mustakhil pula jumlahnya berbilangan.
c. Agama itu mempunyai kitab suci yang merupakan kumpulan wahyu yang diterima oleh Nabinya dari Tuhan yang Maha Esa itu,dengan melalui bisikan Roh suci (malaikat Jibril).
d. Agama itu dipimpin oleh seorang Nabi.

2. PENTINGNYA AGAMA DALAM KEHIDUPAN.

Berikut ini adalah sebagian bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia:
a. Agama merupakan sumber moral.
Karena tanpa moral kehidupan manusia akan kacau balau,tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan bermasyarakat dan bernegara.Jadi manusia sangat memerlukan ahlak dan moral.
Moral diperoleh dan digali dalam agama,karna agama adalah sumber moral,bahkan sumber moral yang paling tangguh.Nabi Muhammad saw diutus tidak lain juga untuk membawa misi moral yaitu untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.

b. Karena agama merupakan petunjuk kebenaran.
Kebenaran yang sebenar-benarnya adalah kebenaran mutlak dan universal yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar,absolute,dan berlaku untuk semua orang.
Kebenaran yang dicari adalah agama islam yaitu kebenaran yang mutlak dan universal dan merupakan sebagai petunjuk kebenaran bagi umat manusia.

Kiat-kiat dan upaya-upaya manusia untuk mendapatkan kebenaran yang sebenar-benarnya?
- Menjalankan semua ajaran-ajaran agama islam dan menjauhi segala yang di larang.
- Melaksanakan semua kewajiban dan patuh kepada ajaran agama islam
Firman Allah menyebutkan pada surat An-nisa yang artinya:”sesungguhnya telah kami turunkan Al-kitab kepada mu dengan membawa kebenaran agar kamu member kepastian hukum diantara manusia dengan apa yang telah ditunjukan oleh Allah kepada mu”

c. Karena agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika.
Prof.Arnold Toynbee dalam bukunya berjudul “An Historian’s Approach to religion” meyebutkan “Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa mendapat tantangan-rangsangan untuk memikirkan rahasia alam semesta.Metafisika adalah masalah-masalah gaib seperti hidup setelah mati (akhirat),Tuhan,Sorga,neraka atau hal-hal lain yang dibalik alam nyata ini.
Tidak satu orang pun yang tahu mengenai masalah-masalah metafiska,karena itu semua hanya Allah lah yang tahu,Sebagaimana yang dijelaskan dalam al-quran surah An-Naml yang artinya “Katakan:Tidak ada seorang pun di langit dan bumi ini yang mengetahui perkara ghaib,kecuali Allah”

Agama sangat penting bagi manusia (dan karena itu sangat dibutuhkan)karena manusia dengan akal,dengan ilmu atau filsafatnya tidak sanggup menyingkap rahasia metafisika.Hal itu dapat di ketahui dengan agama,sebab agama adalah sumber informasi tentang metafisika.

d. Karena agama memberikan bimbingan rohana bagi manusia,baik dikala suka maupun duka.
Apabila kita mendapatkan musibah maka kitah harus bersabar dan tidak boleh putus asa,karena dibalik musibah itu pasti ada hidayahnya bagi kita semua.
Adapun tujuan Allah memberikan cobaan kepada manusia yaitu Adalah sebagai ujian semata dan Allah memberikan ujian kepada mahluknya sesuai dengan kemampuan mahluknya.
Depresi adalah penyebab utama tindakan bunuh diri,dan tindakan ini menempati urutan keenam dari penyebab utama kematian di Amerika Serikat.
Hendaknya orang yang beriamn bersyukur kepada Allah ketika memperoleh kebahagiaan dan tabah dan sabar pada waktu ditimpa musibah.
Firman Allah dalam surat Al-Ambiya ayat 35 yang artinya “Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian dan engkau kami coba dengan yang baik dan yang buruk sebagai ujian”

3. BEBERAPA KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM.
Islam memiliki beberapa karakteristik tertentu yang dengan karakteristik itu islam menjadi agama istimewa yang berbeda dengan agama lain.
Dibawah ini adalah bberapa diantara karakteristik agama islam yaitu

a. Islam adalah agama fitrah.
Sayid sabiq mengartikan fitrah dengan ghazirah artinya insting atau naluri,sedangkan maulana Muhammad Ali mengartikan fitrah dengan kodrat alam,pembawaan sejak lahir,sifat kodrat/sifat asli manusia.
Islam dikatakan agama fitrah Karena agama islam adalah agama yang sesuai dengan naluri manusia,pembawaan sejak lahir,kodrat manusia atau sifat asli manusia.
Islam disebut agama yang manusiawi karena islam memang diturunkan kepada manusia untuk diamalkan sebaga petunjuk hidupnya,tidak diturunkan kepada golongan malaikat atau hewan.
Salah satu sifat kodrat manusia adalah bahwa manusia itu sangat terbatas kemampuannya dan manusia itu mahluk yang lemah,”Wakhuliqalinsanudla’ifa”kata Allah,yang artinya Dan manusia dijadikan bersifat lemah.
Salah satu kodrat manusia adalah naluri Karena manusia mempunyai rasa senang kepada lawan jenis,sesuai dengan naluri seksual manusia ini,islam tidak melarang manusia mencintai lawan jenisnya,tetapi islam hanya membimbing manusia supaya hasrat seksualnya itu disalurkan secara halal melalui perkawinan.

b. Islam adalah agama yang mudah dan ringan.
Karakteristik agama mudah dan ringannya agama islam sebetulnya merupakan konsekuensi lebih lanjut dari islam yang manusiawi itu.Secara formal Rasulullah saw juga mengakui karakteristik agama islam yang mudah dan ringan.Dalam hadits riwayat Ahmad dari Ibnu abbas beliau pernah bertanya “manakah agama yang paling dicintai Allah?Beliau menjawab Al Haniifiyyatussamhah itu adalah agama yang condong dan berpegang pada kebenaran lagi pula mudah,bahkan dalam Hadits riwayat Ahmad pula beliau bersabda lebih jelas lagi “Hai manusia,sesungguhnya agama Allah “Azza wa jalla itu mudah!”Dan hal ini disabdakan hingga 3 kali.

Sesuai dengan gampang atau ringannya islam ini didalam agama islam terdapat berbagai macam rukhsoh, Rukhsoh adalah Keringanan atau dispensasi.

Rukhsoh yang bermacam-0macam itu misalnya?
a. Diperbolehkan jamak dan Qasar.
b. Diperbolehkan buka puasa bagi orang yang sakit atau bepergian,tetapi wajib menyaur pada waktu yang lain.
c. Diperbolehkan tayamum (bersuci mengunakan debu)sebagai ganti dari pada wudlu atau mandi wajib bagi orang yang sakit atau tidak mendapatkan air.
d. Dibebaskan dari kewajiban shalat bagi wanita yang berhaid dan bernifas dengan tidak usah menyaur.
Tujuan Allah memberikan dispensasi dan keringanan adalah untuk memberikan keringana kepada umanya yang mengalami kesulitan dan ada halangan dalam melaksanakan ajaran islam.

c. Islam adalah agama moderat.
Moderat berasal dari kata inggris “moderate”artinya sedang,lunak atau tengah-tengah,tidak ekstrem.
Maksud islam sebagai agama moderat artinya adalah agama sedang,agama yang lunak atau tengah-tengah,yaitu tengah-tengah di antara dua faham ekstrem terlalu keras maupun ekstrem terlalu lunak.

Contohnya Soal nabi Isa yang lahir tanpa bapak.Orang-orang yahudi sangat membenci Nabi Isa dengan menganggap Nabi Isa yang lahir tanpa bapak sebagaianak haram,anak tidak sah.
Dalam perkara di atas islam berdiri di tengah-tengah,dengan menolak kedua pandangan yang saling bertentangan dan yang sama-sama keras tersebut di atas.Kelahiran Nabi Isa tanpa bapak tidak dapat dijadikan bahwa Nabi Isa itu anak haram tetapi Nabi Isa adalah Nabi/rasul seperti halnya Nabi dan Rasul-rasul lainnya.Adapun kelahiran Nabi Isa yang ajaib itu semata-mata hanyalah merupakan bukti betapa maha kuasanya allah.

Selain bersifat moderat Islam juga bersifat fleksibel itu maksudnya adalah lentur sesuai dengan situasi yang ada dan tidak kaku.

d. Islam adalah agama rasional.
Rasional artinya masuk akal,sesuai dengan akal atau dapat di terima oleh akal.

Tapi ajaran islam ada 2 macam yaitu:
a. Ajaran “ma’qul”,yaitu ajaran yang sepenuhnya rasional,seperti ajaran bahwa Tuhan itu satu,ajaran bahwa seseorang hanya memperoleh apa yang ia kerjakan dan tidak menanggung Dosa orang lain.
b. Ajaran “ghairu ma’qul” yaitu ajaran diluar jangkauan kemampuan akal karena masalahnya sudah diluar wilayah akal manusia.

Dalam islam tidak terdapat Dogma,Dogma adalah ajaran yang dianggap dapat menyelamatkan manusia semata-mata hanya dengan percaya/beriman saj
Ijtihad dalam islam ialah Mencurahkan segenap kemampuan berfikir untuk menentukan hokum islam tentang suatu perkara berdasarkan Al-Qur’an dan sunnah Nabi.

e. Islam adalah agama tauhid.
Tauhid dalah masdhar dari kata dasar wahhada-uwahidu yang artinya mengesakan Tuhan,Tauhid dengan demikian berarti keesaan Tuhan.
Bagi islam tauhid adalah karakteristiknya yang paling utama dan paling menonjol dari semua karakteristiknya yang lain,ini disebabkan oleh:
a. Tauhid adalah Titik sentral aqidah islam,padahal dalam islam aqidah menempati posisi dasar,bagaikan batu fondasi bagi suatu bangunan.
b. Karena misi pokok semua nabi dan rasull tidak lain adalah untuk membawa umat mereka masing –masing pada kepercayaan tauhid.
Tauhid sebagai karasteristik islam adalah Tauhid yang mutlak atau murni,bukan tauhid imitasi bukan tauhid nisbi.
Allah adalah maha Esa,Maha esa artinya yang sesungguhnya,bahkan dipertegas lagi bahwa Allah yang maha esa itu tempat segala permohonan tidak berputera dan tidak di puterakan dan tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia.

f. Islam adalah agama yang sempurna.
Dalam pengertian istilah umum,islam tidak hanya agama Allah yang dibawa dan diajarkan oleh nabi Muhammad,tetapi juga agama Allah yang dibawakan dan diajarkan oleh semua Nabi dan rasul.
Ibarat islam itu sebuah gedung,maka semua nabi adalh pekerjanya yang membangunnya.Tetapi nabi yang datang,mengambil bagian dalam membangun gedung itu bekerja dengan sebaik-baiknya,tetapi pembangunan baru dapat dapat diselesaikan dengan tuntas dan sempurna setelah dating Nabi terrakhir yaitu Nabi Muhammad Saw.Karena itu kedatangan nabi terakhir membawa kesempurnaan bagi pembangunan gedung tersebut.

Ada 4 kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada nabi dan Rasulnya?
- Kitab taurat yang diturunkan kepada nabi musa as.
- Kitab zabur yang diturunkan kepada nabi daud as.
-Kitab injil yang dituunkan kepada nabi isa as.
-Kitab Al-quran yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw.

Tiga kitab awal yang telah habis masa berlakunya dengan adanya al-qur’an namun pokok-pokok ajaran ketiga kitab suci tersebut dihimpun semuanya dan terdokumentasi secara baik dalam al-qur’an.

ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Sebagai agma yang rasional,tentu saja islam mempunyai hubungan sangat baik dengan ilmu pengetahuan.Uraian berikut ini akan membuktikannya.
a. Hubungan timbalik balik yang mesra.
Ilmu dalam islam merupakan tiang atau tonggak agama,bahkan dalam Alquran Allah mengajar manusia untuk berdoa “ya Allah,tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.
Prof Albert Einstein menyebutkan ‘science without religion is lame,religion without science is blind”Ilmu tanpa agama lumpuh,agama tanpa ilmu buta.
Maurice Bucaile mengemukakan bahwa ilmu dan agama adalah saudara kembar dan oleh karena itu tidak akan terjadi permusuhan antara keduannya terjadi hubungan timbale balik saling membutuhkan dan sekaligus juga saling membantu.

b. Sebagai kewajiban keagamaan.
Menuntut ilmu sangatlah diperintahkan dalam islam,sehingga bagi tiap orang islam hal itu merupakan kewajiban keagamaan yang tidak boleh diabaikan.

c. Keutamaan menuntut ilmu.
Menuntut ilmu sangat dihargai oleh islam,dan merupakan amal yang sangat utama seperti yang diterangkan oleh Rasulullah “siapa yang keluar dari rumahnya untuk mencari ilmu maka ia berada dijalan Allah (fisabilillah) sehingga ia pulang kembali”.
d. Keutamaan orang yang berilmu.
Keutamaan orang yang berilmu sangat adalah orang yang sangat mulia dalam islam dan mendapat tempat yang sangat dihormati.


ISLAM DAN PROFESI GURU

Salah satu bentuk pengamalan ilmu adalah menjadi guru atau mengajarakan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain.
Adalah orang yang tercela jika memiliki ilmu tapi tidak diamalkan orang yang demikian dikatakan oleh Rasulullah saw “Barang siapa yang mengetahui suatu ilmu,kemudian menyembunyikannya maka Allah member kendali kepadanya dihari kiamat dengan kendali dari api neraka”.

Guru adalah orang yang sangat besar jasanya,sebab pekerjaan guru mengajarkan ilmu,sedang ilmu memegang peranan penting dalam kehidupan manusia tidak saja kehidupan di dunia tetapi juga dia Khirat.
Dalam pandangan islam profesi guru adalah profesi kebanggan.Tidak ada profesi lain yang melebihi kehebatan profesi guru.Seorang Guru pasti memiliki ilmu,dimana orang yang berilmu lebih tinggi derajatnya dibanding orang yang tidak berilmu.
Manusia dalam pandangan islam adalah mahluk mulia,bahkan paling mulia dari semua mahluk yang lain,karena manusia telah diberi Akal dan pikiran dan juga ilmu pengetahuan.
































RESUME AGAMA





DiSusun
Oleh
Nama : Ardyan Pradana Putra
NPM : 010.01.1749
KELAS : I-B (Kep.)

SEKOLAH TINGGI KESEHATAN MATARAM
(STIKES MATARAM)
2010/2011

No comments:

Post a Comment