Saturday, July 9, 2011

Menghapus Data secara permanen pada keping CD/DVD

Menghapus Data secara permanen pada keping CD/DVD

Oleg Ardyan pradana

Mungkin tidak ada yang berpikir pada era saat ini, untuk mengalami kesulitan dalam membuat duplikasi, dan data cadangan dalam bentuk CD/DVD. Seiring dengan makin banyaknya CD/DVD Writer, dan murahnya keping kosong cakram CD/DVD, membuat setiap orang dengan mudah melakukan duplikasi dan pembuatan data cadangan sehubungan dengan ketakutan akan terhapusnya berbagai data penting yang dimiliki.

Fungi utama CD/DVD WRITER yang mampu mengkopi dokumen, lagu, foto, video dan data dari komputer serta untuk berbagi data dengan orang lain, Kemudahan itu didukung lagi dengan semakin ekonomisnya biaya pembuatan semua pekerjaan tersebut. Akibat negatif juga akan ada, yaitu adanya “limbah data” dimana akan ada kekhawatiran kebocoran data yang sudah tidak digunakan lagi. Limbah keping CD\/DVD ini semakn lama akan semakin membengkak jumlahnya.

Banyak masyarakat pengguna IT akhirnya tidak memahami, bahwa ada resiko kebocoran data yang tidak lagi disimpan, Juga, jika dibuang begitu saja di tempat sampah pasti ada resiko dilihat pihak luar, serta jika memecah hingga banyak keping, Limbah CD/DVD tetap ada kemungkinan terbaca ulang. Serta menyebabkan pencemaran lingkungan dari limbah yang dihasilkan.

Lite-On sebagai salah satu perusahaan penghasil berbagai perangkat dibidang IT telah mengeluarkan sebuah sistim yang menggabungkan antara perangkat lunak dan perangkat keras yang dihasilkan, disebut sebagai ”SmartErase”. Dengan SmartErase pengguna diuntungkan dalam pembuatan duplikasi data dan sekaligus memiliki solusi dalam menghapus data yang sudah tak berguna secara tetap tanpa memakai cara lama yang harus mematahkan, atau menggores dan lainnya. Karena semua itu masih ada resiko diperbaiki dengan adanya cairan pemulih goresan di keping CD/DVD dsbg.

Dengan SmartErase kini kita tak perlu merusak fisik CD/DVD, karena perusakan fisik & struktur logik dari Disk sudah dilakukan oleh SmartErase dari Lite-ON hingga data disk tidak dapat dibaca kembali, selain tidak memerlukan tenaga fisik untuk merusak dan aman untuk issue lingkungan. Keping bekas dapat dengan aman disumbangkan bagi orang lain untuk dibuat hiasan, interior rumah, alat permainan anak dll.

SmartErase untuk perusahaan sudah pasti semua data rahasia seperti Dokumen, Data Karyawan, Informasi Pelanggan, Laporan Keuangan, Penelitian Tehnik/ilmiah tidak lagi dikhawatirkan tersebar dimana-mana. Untuk Perseorangan seluruh data pribadi, gambar pribadi tidak khawatir akan bocor kemana-mana

Cara kerja DVD Writer

Pemahaman cara kerja SmartErase adalah dengan memahami cara kerja CD/DVD Writer itu sendiri, prosesnya dimulai dengan “Menulis” CD/DVD menggunakan Laser untuk menciptakan “Tanda” pada jalur permukaan dari media perekam. Perbedaan antara “Tanda” dan “Tanpa Tanda” diterjemahkan oleh pembaca DVD/CD sebagai “1” dan “0”, yang akan menghasilkan deretan data digital. Itulah sebabnya, meskipun disk telah dirusak, data tetap dapat dibaca dengan teknologi khusus.

Penulisan CD/DVD Bisa digambarkan dengan bentuk sbb :

Disinilah SmartErase akan bekerja, dengan menggunakan tenaga khusus untuk menulis karakter/patern secara acak pada disk untuk “menghancurkan” data dalam 2 cara menggunakan SmartErase, yaitu ; Full Erase, menghapus semua informasi dan data pada Disk. Ini berguna untuk Data yang sangat penting / rahasia. Untuk ini dipeerlukan waktu sekitar kurang lebih 2,5 menit untuk menghapus CD, dan 6 menit untuk menghapus DVD. Cara kdua adalah dengan Quick Erase, yaitu menghapus hanya informasi pada area TOC dan struktur file saja, ini lebih cepat serta cocok untuk data reguler. Cara ini memerlukan waktu sekitar 20 detik untuk menghapus CD, dan sekitar 22 detik untuk menghapus DVD.

Cara menggunakan SmartErase

Pertama-tama kita memerlukan DVD Drive yang mampu menggunakan SmartErase. Karena, ternyata tidak semua DVD Writer Lite-ON dapat menggunakan SmartErase. DVD RW Lite-ON dengan kecepatan tulis minimal 22 x keatas yang sudah mendukung penggunaan SmartErase. SmartErase dalam paket Lite-ON sudah termasuk didalam Nero Essentials dengan illustrasi tampilan seperti dibawah ini :

Menjalankan SmartErase dari menu Nero

Kita tinggal menekan tombol “Quick Erase” atau “Full Erase” dan konfirmasi confirm untuk memulai penghapusan.

Sesaat kemudian, SmartErase akan mulai menghapus Disk dan Disk akan “dihancurkan” dalam sesaat sesuai waktu yang dibutuhkan untuk sebuah media penyimpan itu. Saat selesai akan muncul pesan sbb :

Sebagai Catatan, Teknologi SmartErase ini bermanfaat untuk perlindungan bagi Data dalam bentuk CD/DVD, namun teknologi ini tidak bisa digunakan untuk media penyimpanan dalam bentuk CD/DVD yang dapat dibaca tulis dan hapus berulang-ulang (CDRW/DVDRW). Ini karena karakter dua media terakhir ini berbeda dengan Media CDR/DVDR.

SMART-BURN & SMART-X

Disamping SmartErase , DVDRW Lite-On dilengkapi juga dengan SMART-BURN. Ini adalah teknologi untuk menghindari “Buffer UnderRun Error”, dan mengatur cara penulisan & menjalankan OPC (Optimum Power Control) untuk menghasilkan kualitas pembakaran media yang baik dengan kecepatan yang diatur secara otomatis. Selain itu juga ada SMART-X (Smart Monitoring & Adjusting Read-speed Technology for eXtraction) dengan fungsi adalah pengaturan ekstrasi data dari CD-DA / VCD / DVD pada kecepatan yang diijinkan dari komputer serta kualitas piringan / disk

SMART-X memang bermanfaat saat kita akan membuat duplikasi pada keping cakram musik atau film untuk VCD atau DVD. Acap kali dengan DVDRW pada ummnya, jika menggunakan untuk memutar atau memeriksa cakram lagu atau film, kita pasti akan memakai kecepatan maksimal dan akan menjadikan waktu ekstrasi tersingkat. Namun saat kita akan membuat duplikasi CD Audio atau film, biasanya akan dilakukan dengan kecepatan seminimal mungkin agar mampu melakukan pembacaan terbaik semua data yang dikehendaki untuk dibuat duplikasinya. Hal ini juga biasanya dipengaruhi oleh kualitas media untuk menuliskan dan menduplikasi.. Kombinasi keduanya akan membuat komputer dalam penulisan CD/DVD memiliki kontrol soal kecepatan dan tenaga laser saat penulisan cakram media secara optimal .

Eksternal Drive

Selain memproduksi DVDRW Internal, Lite-On juga memproduksi DVDRW Eksternal yang tipis dan ramping, Disebut sebagai External eSAU 108 DVD Slim Writer, DVDRW eksternal ini memiliki kecepatan menulis 8 X DVD+-R dan cukup menggunakan daya yang kecil seperti pada koneksi USB pada sebuah Netbook karena menggunakan OPC (Optimum Power Control) sehingga cukup hanya memakai satu buah Kabel USB saja untuk koneksinya ke sebuah Netbook. Eksternal Drive Lite-ON yang juga dilengkapi SmartErase ini memiliki pilihan berbagai warna : Burgundy Red, Navy Blue, Pearl White, Piano Black agar sesuai dengan perkembangan berbagai Netbook yang hadir dalam aneka warna sesuai minat dan selera pemakainya….***

Catatan: Karena Gambar tidak bisa muncul disini, beberapa illustrasi yang semstinya ada jadi tidak muncul disini.

No comments:

Post a Comment