Monday, June 13, 2011

KUNCI JAWABAN KUIS PARAMPAA

level 1 : Klik kata “mulai” level 2 : Pilih Jawaban “A” level 3 : Pilih lingkaran di atas huruf “i” level 4 : Pilih Jawaban “AY !!” level 5 : Pilih Jawaban “B” level 6 : Temukan kata berwarna “hijau” di antara kata berwarna merah level 7 : Pilih Jawaban “Jali” level 8 : Pilih “?” yang mirip dengan soal level 9 : Ingat kombinasi warna yang ada karena bakal terus dipake, lalu klik “ingat” level 10 : Pilih Jawaban “…hidup bercermin bangkai” level 11 : Cari kata “mati” dalam matematika lalu klik level 12 : Pilih Jawaban “10″ level 13 : Klik “13″ pada tulisan level 13 level 14 : Masukkan kombinasi warna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 15 : Geser mouse keluar layar, maka kepala kucing akan tertunduk, lalu klik “space” pada keyboard level 16 : Lari ke “ujung kanan atas” level 17 : “Gerakin cicaknya” sampai tujuan , tapi jangan sentuh warna lain level 18 : Tulis kata “PANDA” level 19 : Pilih jawaban “21″ level 20 : Pilih jawaban “D” level 21 : Pilih jawaban “E” level 22 : Potong kabel lebar berwarna “merah” di time counter level 23 : Klik “23″ di baris ke-3, ke-3 dr kiri level 24 : Pilih latar warna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 25 : Klik “lingkaran orange”, trus klo mau ke lingkaran satunya lg jgn lewat area permainan level 26 : Klik “persegi panjang yang kiri bawah” level 27 : Di bawah 3 lambang hati ada seekor “cicak”, tinggal di klik aja level 28 : Cuma butuh gerakin cursor atas bawah level 29 : Klo masih baru di level ini susun aja dulu gambarnya, trus ikutin tanda panah yang ke “bulatan”, klik “bulatannya” level 30 : Pilih jawaban “20″ level 31 : Klik kiri “lingkaran orange” sebelah kiri, drag (jgn dilepasin) ke “lingkaran orange” sebelah kanan. Ada cara lain, lelet level 32 : Pilih jawaban “TDAJ” level 33 : Pilih jawaban “100001″ level 34 : Klik 3 “lambang hati” di pojok kanan atas level 35 : Pencet tombol berwarna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 36 : Drag tulisan “level 36″, dibelakangnya ada tombol level 37 : Pilih jawaban “zibba” level 38 : Tembak kepala “cowo” level 39 : Pilih jawaban “level 39″ level 40 : Tekan tanda”->” di keyboard level 41 : Klik tanda “!” level 42 : “Tunggu” adengan oonnya selesai, jgn klik apa2 level 43 : Klik “NTB (Pulau Lombok)” level 44 : Klik “1″ pada soal 1=5 level 45 : Klik “45″ pada tulisan level 45 level 46 : Pianonya memiliki urutan nada C D E F G A B, trus klik nada piano hingga membentuk kata “E G G” level 47 : Tembak kepala “cowo” level 48 : Tulis jawaban “11″ level 49 : Klik tulisan “run” sampai kepiting kabur ke kanan level 50 : Tekan angka “1″ di keyboard level 51 : Lolosin kuncinya, jgn kena area berwarna “hitam” level 52 : Drag tanda (-) ke tulisan level 52, jadinya “level 5-2″, trus klik tulisannya level 53 : Tekan huruf “S” di keyboard level 54 : Pilih jawaban “5″ level 55 : Ketik “anini” di keyboard level 56 : Geser kata “bulan”, di belakangnya ada jawaban level 57 : Geser bolak-balik mouse di bawah tanda “!!” level 58 : Pilih warna “kuning” level 59 : Pilih warna “kuning-hijau-orange-ungu-hijau-merah” level 60 : Klik huruf “B” “O” “N” “O” level 61 : Tekan piano dengan menulis “C A G E” level 62 : Ga usah ngapa2in level 63 : Klik tulisan “eve” pada tulisan level 62 level 64 : Pilih jawaban “parampaa” level 65 : Pilih “Mr. Krab-Smurf-The Simpsons-Mr. Krab-Parampaa” level 66 : Ketik “one” pada keyboard level 67 : Klik tanda “.”, lalu klik “matahari”, lalu klik “pohon” level 68 : Tekan “F1 dan F4″ di bagian atas keyboard level 69 : Klik huruf “A” pada kata heart level 70 : Pilih jawaban “10″ level 71 : Tahan terus menerus “shift-6″ sampe doraemon menghilang level 72 : Tangkap angka “2″, drag ke samping angka 7 level 73 : Urutan storage awalnya 1-2-3-4-5, ubah ke 2-5-3-4-1 level 74 : Pilih “lingkaran-besar-kuning-tersenyum” level 75 : Tembak kata “HER” level 76 : Klik kanan layar, trus klik kiri, biar mousenya kelihatan, tekan bagian tengah “O” pada kata mouse, telusuri lalu klik level 77 : Drag tulisan “mouse” ke tombol hijau, drag lagi ke persegi di sebelah kiri, klik perseginya level 78 : Klik “jendela di villa” pas lampunya nyala level 79 : Tulis “Try Again” level 80 : Tulis “The Cranberries” level 81 : Pilih jawaban “13″ level 82 : Pilih “OK”, drag bomnya, klik tulisan yang tertutup bom level 83 : Tunggu hingga detik “ke-3″, akan ada tulisan “S7OP”, klik tulisan S7OP-nya level 84 : Ketik “?” pada keyboard level 85 : Ketik “level 85″, ketik “”, ketik “you’re welcome” level 86 : Klik “bagian tengah lingkaran bagian bawah pada angka 8″ tulisan “level 86″ level 87 : “Tunggu kuncinya masuk” dulu, lalu tekan “enter” level 88 : Tekan “F8″, trus pilih “safe mode” level 89 : Klik buku berwarna “Biru-Ungu-Kuning-Ungu” level 90 : Pilih lambang “omega (kaya’ tapal kuda)” dan “69″ level 91 : Cuma butuh “kelincahan tangan dan kesabaran” level 92 : Klik warna “hijau-merah-kuning-biru-merah” level 93 : Hitung dengan cepat jumlah bola berwarna “merah” level 94 : Klik “Budi” level 95 : Tunggu sampai “latarnya warna hijau”, trus klik “lanjut” level 96 : Klik “mata, bintik tangan, duri di kepala, latar merah, rumput” level 97 : Klik “tombol merah” level 98 : Butuh kecepatan tangan dan koordinasi mata yg baik, lingkaran terkecil ada di antara “level & 98″ level 99 : Gan karena menghargai kehebatan pembuatnya, gw ga langsung bocorin, “masuk aja twitternya (twitter.com/masova), liat arah jam 3″ password biar bisa loncat level, jadi gak ulang terus level 11 : eleven level 21 : twenty1 level 31 : thirty1 level 41 : fourty1 level 52 : fifty2 level 67 : sunset level 71 : dorayaki level 80 : linger level 90 : gomugomu

KUNCI JAWABAN KUIS PARAMPAA

level 1 : Klik kata “mulai” level 2 : Pilih Jawaban “A” level 3 : Pilih lingkaran di atas huruf “i” level 4 : Pilih Jawaban “AY !!” level 5 : Pilih Jawaban “B” level 6 : Temukan kata berwarna “hijau” di antara kata berwarna merah level 7 : Pilih Jawaban “Jali” level 8 : Pilih “?” yang mirip dengan soal level 9 : Ingat kombinasi warna yang ada karena bakal terus dipake, lalu klik “ingat” level 10 : Pilih Jawaban “…hidup bercermin bangkai” level 11 : Cari kata “mati” dalam matematika lalu klik level 12 : Pilih Jawaban “10″ level 13 : Klik “13″ pada tulisan level 13 level 14 : Masukkan kombinasi warna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 15 : Geser mouse keluar layar, maka kepala kucing akan tertunduk, lalu klik “space” pada keyboard level 16 : Lari ke “ujung kanan atas” level 17 : “Gerakin cicaknya” sampai tujuan , tapi jangan sentuh warna lain level 18 : Tulis kata “PANDA” level 19 : Pilih jawaban “21″ level 20 : Pilih jawaban “D” level 21 : Pilih jawaban “E” level 22 : Potong kabel lebar berwarna “merah” di time counter level 23 : Klik “23″ di baris ke-3, ke-3 dr kiri level 24 : Pilih latar warna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 25 : Klik “lingkaran orange”, trus klo mau ke lingkaran satunya lg jgn lewat area permainan level 26 : Klik “persegi panjang yang kiri bawah” level 27 : Di bawah 3 lambang hati ada seekor “cicak”, tinggal di klik aja level 28 : Cuma butuh gerakin cursor atas bawah level 29 : Klo masih baru di level ini susun aja dulu gambarnya, trus ikutin tanda panah yang ke “bulatan”, klik “bulatannya” level 30 : Pilih jawaban “20″ level 31 : Klik kiri “lingkaran orange” sebelah kiri, drag (jgn dilepasin) ke “lingkaran orange” sebelah kanan. Ada cara lain, lelet level 32 : Pilih jawaban “TDAJ” level 33 : Pilih jawaban “100001″ level 34 : Klik 3 “lambang hati” di pojok kanan atas level 35 : Pencet tombol berwarna “merah-biru-kuning-merah-hijau” level 36 : Drag tulisan “level 36″, dibelakangnya ada tombol level 37 : Pilih jawaban “zibba” level 38 : Tembak kepala “cowo” level 39 : Pilih jawaban “level 39″ level 40 : Tekan tanda”->” di keyboard level 41 : Klik tanda “!” level 42 : “Tunggu” adengan oonnya selesai, jgn klik apa2 level 43 : Klik “NTB (Pulau Lombok)” level 44 : Klik “1″ pada soal 1=5 level 45 : Klik “45″ pada tulisan level 45 level 46 : Pianonya memiliki urutan nada C D E F G A B, trus klik nada piano hingga membentuk kata “E G G” level 47 : Tembak kepala “cowo” level 48 : Tulis jawaban “11″ level 49 : Klik tulisan “run” sampai kepiting kabur ke kanan level 50 : Tekan angka “1″ di keyboard level 51 : Lolosin kuncinya, jgn kena area berwarna “hitam” level 52 : Drag tanda (-) ke tulisan level 52, jadinya “level 5-2″, trus klik tulisannya level 53 : Tekan huruf “S” di keyboard level 54 : Pilih jawaban “5″ level 55 : Ketik “anini” di keyboard level 56 : Geser kata “bulan”, di belakangnya ada jawaban level 57 : Geser bolak-balik mouse di bawah tanda “!!” level 58 : Pilih warna “kuning” level 59 : Pilih warna “kuning-hijau-orange-ungu-hijau-merah” level 60 : Klik huruf “B” “O” “N” “O” level 61 : Tekan piano dengan menulis “C A G E” level 62 : Ga usah ngapa2in level 63 : Klik tulisan “eve” pada tulisan level 62 level 64 : Pilih jawaban “parampaa” level 65 : Pilih “Mr. Krab-Smurf-The Simpsons-Mr. Krab-Parampaa” level 66 : Ketik “one” pada keyboard level 67 : Klik tanda “.”, lalu klik “matahari”, lalu klik “pohon” level 68 : Tekan “F1 dan F4″ di bagian atas keyboard level 69 : Klik huruf “A” pada kata heart level 70 : Pilih jawaban “10″ level 71 : Tahan terus menerus “shift-6″ sampe doraemon menghilang level 72 : Tangkap angka “2″, drag ke samping angka 7 level 73 : Urutan storage awalnya 1-2-3-4-5, ubah ke 2-5-3-4-1 level 74 : Pilih “lingkaran-besar-kuning-tersenyum” level 75 : Tembak kata “HER” level 76 : Klik kanan layar, trus klik kiri, biar mousenya kelihatan, tekan bagian tengah “O” pada kata mouse, telusuri lalu klik level 77 : Drag tulisan “mouse” ke tombol hijau, drag lagi ke persegi di sebelah kiri, klik perseginya level 78 : Klik “jendela di villa” pas lampunya nyala level 79 : Tulis “Try Again” level 80 : Tulis “The Cranberries” level 81 : Pilih jawaban “13″ level 82 : Pilih “OK”, drag bomnya, klik tulisan yang tertutup bom level 83 : Tunggu hingga detik “ke-3″, akan ada tulisan “S7OP”, klik tulisan S7OP-nya level 84 : Ketik “?” pada keyboard level 85 : Ketik “level 85″, ketik “”, ketik “you’re welcome” level 86 : Klik “bagian tengah lingkaran bagian bawah pada angka 8″ tulisan “level 86″ level 87 : “Tunggu kuncinya masuk” dulu, lalu tekan “enter” level 88 : Tekan “F8″, trus pilih “safe mode” level 89 : Klik buku berwarna “Biru-Ungu-Kuning-Ungu” level 90 : Pilih lambang “omega (kaya’ tapal kuda)” dan “69″ level 91 : Cuma butuh “kelincahan tangan dan kesabaran” level 92 : Klik warna “hijau-merah-kuning-biru-merah” level 93 : Hitung dengan cepat jumlah bola berwarna “merah” level 94 : Klik “Budi” level 95 : Tunggu sampai “latarnya warna hijau”, trus klik “lanjut” level 96 : Klik “mata, bintik tangan, duri di kepala, latar merah, rumput” level 97 : Klik “tombol merah” level 98 : Butuh kecepatan tangan dan koordinasi mata yg baik, lingkaran terkecil ada di antara “level & 98″ level 99 : Gan karena menghargai kehebatan pembuatnya, gw ga langsung bocorin, “masuk aja twitternya (twitter.com/masova), liat arah jam 3″ password biar bisa loncat level, jadi gak ulang terus level 11 : eleven level 21 : twenty1 level 31 : thirty1 level 41 : fourty1 level 52 : fifty2 level 67 : sunset level 71 : dorayaki level 80 : linger level 90 : gomugomu

Lyrik lagu

HOOBASTANK_The Reason
I'm not a perfect person
There's many things I wish I didn't do
But I continue learning
I never meant to do those things to you
And so I have to say before I go
That I just want you to know

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

I'm sorry that I hurt you
It's something I must live with everyday
And all the pain I put you through
I wish that I could take it all away
And be the one who catches all your tears
That's why I need you to hear

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

And the reason is you
And the reason is you
And the reason is you

I'm not a perfect person
I never meant to do those things to you
And so I have to say before I go
That I just want you to know

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

I've found a reason to show
A side of me you didn't know
A reason for all that I do
And the reason is you




Andra_Tunggu Aku
Masihkah kau simpan
Mawar yang ku beri
Mungkin tak sewangi dulu
Mungkin tak seindah dulu
Tunggu aku ku akan datang

Masihkah kau jaga
Api cinta dariku
Mungkin tak sehangat dulu
Mungkin tak seterang dulu

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Kau segalanya bagiku
Kau adalah duniaku
Satu yang ku pinta
‘tuk tetap menunggu

Back to [*]

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang
Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku (ku akan datang)
Tunggu aku
Tunggu aku

Masih kah kau simpan
Mawar yang ku beri

Lyrik lagu

HOOBASTANK_The Reason
I'm not a perfect person
There's many things I wish I didn't do
But I continue learning
I never meant to do those things to you
And so I have to say before I go
That I just want you to know

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

I'm sorry that I hurt you
It's something I must live with everyday
And all the pain I put you through
I wish that I could take it all away
And be the one who catches all your tears
That's why I need you to hear

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

And the reason is you
And the reason is you
And the reason is you

I'm not a perfect person
I never meant to do those things to you
And so I have to say before I go
That I just want you to know

I've found a reason for me
To change who I used to be
A reason to start over new
And the reason is you

I've found a reason to show
A side of me you didn't know
A reason for all that I do
And the reason is you




Andra_Tunggu Aku
Masihkah kau simpan
Mawar yang ku beri
Mungkin tak sewangi dulu
Mungkin tak seindah dulu
Tunggu aku ku akan datang

Masihkah kau jaga
Api cinta dariku
Mungkin tak sehangat dulu
Mungkin tak seterang dulu

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Kau segalanya bagiku
Kau adalah duniaku
Satu yang ku pinta
‘tuk tetap menunggu

Back to [*]

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang
Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku ku akan datang
Tunggu aku ku akan pulang

Tunggu aku (ku akan datang)
Tunggu aku
Tunggu aku

Masih kah kau simpan
Mawar yang ku beri

Monday, April 18, 2011

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)


Pokok Bahasan : Imunisasi
Peserta : Pengunjung Poli anak RSUD Dr. Soetomo
Tempat : Ruang Tunggu Poli Anak RSUD Dr. Soetomo
Waktu : 30 menit

Tujuan Instruksional Umum :
Setelah diberikan penyuluhan tentang Imunisasi bagi balita, peserta diharapkan dapat mengerti tentang Imunisasi

Tujuan Instruksional Khusus :
1. Peserta dapat menyebabkan pengertian dari Imunisasi
2. Peserta dapat menyebutkan imunisasi yang menjadi Program Pemerintah
3. Peserta dapat menyebutkan waktu untuk pemberian Imunisasi
4. Peserta dapat menjelaskan reaksi yang timbul setelah pemberian masing-masing Imunisasi
5. Peserta mau membawa anaknya untuk di Imunisasikan.

POKOK BAHASAN ; IMUNISASI UNTUK BALITA
Sub Pokok Bahasan :
1. Pengertian Imunisasi
2. Imunisasi yang menjadi Program pemerintah
3. Masing-masing jenis Imunisasi : Pencegahan terhadap penyakit, Waktu pemberian, reaksi yang timbul.

Rencana Pembelajaran : terlampir.
Evaluasi : Evaluasi Proses
Meminta peserta untuk mengulang apa yang telah dijelaskan.

Sumber Pustaka ;
A.H. Markum ( 1997 ). Imunisasi. Edisi Kedua Fakultas kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.


MATERI PENYULUHAN


1. PENGERTIAN
IMUNISASI ADALAH : Memberikan kekbalan tubuhdengan cara memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan atau dimatikan.

2. PROGRAM PEMERINTAH : IMUNISASI
Pemerintah mencanangkan program Imunisasi wajib yang harus diberikan kepada anak dibawah usia 1 tahun, yaitu pencegahan terhadap 7 penyakit utama : TBC, Diphteri, Pertusisi (batuk rejan), Tetanus, Polio, Campak dan Hepatitis B.


3. IMUNISASI BCG
Imunisasi BCG bertujuan untuk memberikan kekebalan / pertahanan aktif terhadap penyakit TBC.
Jadwal pemberian imunisasi BCG sebaiknya dilakukan ketika bayi baru lahir sampai berumur 12 bulan, tetapi sebaiknya diberikan pada umur 0-2 tahun. Imunisasi BCG cukup diberikan 1 kali saja. Pada anak yang akan diimunisasi dengan usia lebih dari 2 bulan, harus dilakukan Montaux test dulu. Gunanya untuk mengetahui apakah ia telah terjangkit penyakit TBC. Seandainya hasil positif, anak tersebut selayaknya tidak mendapat imunisasi.
Reaksi yang mungkin timbul pada pemberian imunisasi BCG adalahkadang bernanah, tetapi akan sembuh dengan sendirinya walaupun lambat. Biasanya suntikan BCG tidak menimbulkan pana.


4. IMUNISASI DPT
Tujuan pemberian Imunisasi DPT adalah memberikan kekebalan aktif dalam waktu yang bersamaan terhadap penyakit diphteri, pertusis dan tetanus.
Imunisasi DPT dapat diberikan 3 kali, sejak bayi berumur 2 bulan dengan selang waktu antara dua penyuntikan minimal 4 minggu.
Reaksi yang mungkin trjadi biasanya demam ringan, pembengkakan dan rasa nyeri di tempat suntikan selama 1-2 hari.
Imunisasi DPT tidak boleh diberikan kepada anak yang sakit parah dan anak yang menderita penyakit kejang demam kompleks.
5. IMUNISASI POLIOMIOLITIS.
Vaksinasi diberikan untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit poliomyelitis.
Imunisasi dasar diberikan sejak anak baru lahir atau berumur beberapa hari, selanjutnya setiap 4-6 minggu. Pemberian imunisasi Polio dapat dilakukan bersamaan dengan BCG, Hepatitis B, dan DPT.
Reaksi yang timbul tidak ada, mungkin akan terdapat berak-berak ringan.
Pada anak dengan diare berat atau sedang sakit parah, imunisasi polio dapat ditangguhkan.

6. IMUNISASI CAMPAK
Imunisasi diberikan untuk mendapat kekebalan terhadap penyakit campak secara aktif.
Menurut WHO imuniasi campak cukup diberikan 1 kali suntikan setelah bayi berumur 9 bulan, tetapi karena angka kesakitan campak di Indonesia masih tinggi, pemerintah mencnagkan pemberian imunisasi campak sebelum usia 9 bulan, yaitu antara usia 6-9 bulan.
Biasanya tidak terdapat reaksi akibat imunisasi. Mungkin terjadi demam ringan dan tampak sedikit bercak merah pada pipi di bawah telinga pada hari ke 7-8 setelah penyuntikan.

7. VAKSINASI HEPATITIS B
Vaksinasi dimaksudkan untuk mendapat kekbalan aktif terhadap penyakit Hepatitis B. Imunisasi aktif dilakuakn dengan cara pemberian suntikan dasar sebanyak 3 kali dengan jarak waktu satu bulan anta suntikan 1 dan 2, dan lima bulan antara suntikan 2 dan 3.
Reaksi yang mungkin terjadi adalah berupa nyeri pada tempat suntikan, yang mungkin disertai dengan timbulnya rasa panas atau pembengkakan. Reaksi ini akan menghilang dalam waktu 2 hari. Reaksi lain yang mungkin terjadi ialah demam ringan.

LAPORAN HASIL PENYULUHAN TENTANG DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA

LAPORAN HASIL PENYULUHAN TENTANG DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA
DI POLI ANAK RSUD Dr.SUTOMO SURABAYA
TANGGAL 2 AGUSTUS 2003





OLEH :
Subhan



PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
SURABAYA
2003

LAPORAN HASIL PENYULUHAN

MATERI PENYULUHAN : DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA.

PEMBICARA : SUBHAN

MEDIA : LEAFLET
FLIP CHART
MIKROPHONE

PESERTA : IBU ATAU KELUARGA ANAK YANG BEROBAT KE POLI ANAK RSUD Dr.SUTOMO SURABAYA.

HARI/TANGGAL : KAMIS / 2 AGUSTUS 2001

TEMPAT : RUANG TUNGGU POLI ANAK RSUD Dr.SUTOMO SURABAYA.

WAKTU PENYULUHAN : 25 MENIT (07.45 – 08.10 WIB)


HASIL KEGIATAN PENYULUHAN

I. KRITERIA HASIL
1. MEDIA PENYULUHAN : LENGKAP
2. PESERTA PENYULUHAN : TERDIRI DARI IBU ATAU KELUARGA ANAK BALITA YANG HADIR PADA SAAT PENYULUHAN KIRA-KIRA 20 ORANG.
3. PENYULUHAN DIMULAI JAM : 07.45-08.10 WIB.
4. SEBELUM ACARA PENYULUHAN DIMULAI DIBERIKAN KEPADA PESERTA LEAFLET TENTANG DETEKSI DINI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK BALITA.
5. KEGIATAN PENYULUHAN DIMULAI DENGAN MEMPERKENALKAN DIRI PEMBICARA KEPADA PESERTA KEMUDIAN MENYAJIKAN MATERI PENYULUHAN SETELAH ITU DILAKUKAN TANYA JAWAB ANTARA PESERTA DENGAN PEMBICARA, YANG KEMUDIAN DIAKHIRI DENGAN KATA PENUTUP DAN UCAPAN TERIMA KASIH DARI PEMBICARA ATAS KESEDIAAN DAN PERHATIAN DARI IBU ATAU KELUARGA ANAK .

II. KRITERIA PROSES
1. SELAMA PROSES PENYULUHAN BERLANGSUNG IBU ATAU KELUARGA ANAK TERLIHAT CUKUP ANTUSIAS DENGAN PENYULUHAN YANG DIBERIKAN DAN TIDAK MENINGGALKAN TEMPAT PENYULUHAN .

SATUAN ACARA PENYULUHAN


Bidang studi : Ilmu Keperawatan Anak
Topik : Deteksi Dini Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita
Sasaran : Keluarga/Orang tua pasien pengunjung Poli Anak.
Tempat : Poliklinik Anak RSUD. Dr.Soetomo, Surabaya
Hari/Tanggal : 2 Juli 2001
Waktu : 1 X 20 Menit

1. Tujuan Instruksional Umum
Untuk meningkatkan pengetahuan ibu/keluarga tentang gangguan/kelainan pertumbuhan dan perkembangan anak Balita.
2. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah diberikan penyeluhan ibu/keluarga dapat :
a. Menyebutkan pengertian pertumbuhan dan perkembangan
b. Menyebutkan tanda dan gejala adanya gangguan pertumbuhandan perkembangan pada anak Balita.
c. Menjelaskan tentang cara penanganan, bila ditemukan adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak Balita.
3. Sasaran
Ibu dan keluarga pasien poliklinik anak RSUD. Dr.Soetomo Surabaya
4. Materi
b. Pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
c. Tanda dan gejala adanya gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak Balita.
d. Cara penanganan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak Balita
5. Metode
 Ceramah
 Tanya jawab
6. Media
 Flip chart
 Leaflet


7. Kriteria Evaluasi
 Kriteria struktur :
• Peserta hadir diruang tunggu poliklinik anak. RSUD.Dr.Soetomo, Surabaya
• Penyelenggaraan penyuluhan dilakukan diruang tunggu poliklinik anak,RSUD.Dr.Soetomo,Surabaya
• Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan sebelum dan saat penyuluhan.
 Kriteria Proses :
• Ibu dan keluarga antusias terhadap materi penyuluhan.
• Ibu dan keluarga konsentrasi mendengarkan penyuluhan.
• Ibu dan keluarga mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara lengkap dan benar.

 Kriteria Hasil :
• Ibu dan keluarga mengetahui tentang pengertian tumbuh kembang.
• Ibu dan keluarga mengerti tanda dan gejala gangguan pertumbuhan
• Ibu dan keluarga dapat menjelaskan cara penanganan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak Balita.
8. Kegiatan penyuluhan
NO WAKTU KEGIATAN PENYULUHAN KEGIATAN PESERTA
1 3 Menit Pembukaan:
 Memperkenalkan diri


 Menjelaskan tujuan dari penyuluhan.
 Melakukan kontrak waktu.
 Menyebutkan materi penyuluh an yang akan diberikan
 Menyambut sa lam dan men dengarkan
 Mendengarkan

 Mendengarkan

 Mendengarkan
2 10 Menit Pelaksanaan :
 Menjelaskan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
 Menjelaskan tentang tanda dan gejala gang-guan pertumbuhan dan perkembangan pada anak Balita
 Memberikan kesempat-an pada ibu dan keluarga untuk bertanya disetiap bagian penyuluhan.
 Mendengarkan dan memper-hatikan






 Bertanya dan menjawab per-tanyaan yang diajukan
3 5 Menit Evaluasi :
Menanyakan pada ibu dan keluarga tentang materi yang diberikan dan reinforcement kepada ibu dan keluarga bila dapat menjawab & menjelas-kan kembali pertanyaan/ma-teri
Menjawab &men-jelaskan pertanya-an
4 2 Menit Teriminasi :
 Mengucapkan terima-kasih kepada ibu dan keluarga
 Mengucapkan salam
Mendengarkan dan membalas salam


9. Pengorganisasian :
 Pembicara : Subhan
 Pembimbing : Hj. Mudjilas
Yuni Sufyanty A. Skp

DAFTAR PUSTAKA


Soetjiningsih.1998. Tumbuh Kembang Anak, EGC. Jakarta.

Nelson. 2001. Ilmu Kesehatan Anak.Vol.I.edisi 15. EGC. Jakarta.

……..2000. Diktat Kuliah Ilmu Keperawatan Anak PSIK.FK.Unair TA:2000/2001. Surabaya

SATUAN ACARA PENYULUHAN

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Mata Ajaran : Keperawatan Anak Dalam Konteks Keluarga
Topik : Tumbuh Kembang Anak
Sub Topik : Mengasuh dan Membimbing Anak Toddler
Sasaran : Keluarga dengan anak toddler ( Usia 1 – 3 Tahun)
Tempat : Ruang Bougenville RSUP Persahabatan
Hari/Tanggal : Selasa, 13 April 1999
Waktu : Pk. 16.00 – 17.00 WIB ( 1 jam )



I. LATAR BELAKANG
Usia toddler merupakan usia yang sangat memerlukan perhatian khusus dari orang tua anak, pada usia ini sering pula disebut periode buruk dimana anak mulai mengeksplorasi lingkungan : Bagaimana sesuatu itu bekerja, apa arti kata “tidak” dan timbulnya sifat-sifat tempertantrum, negativisme dan obstinancy pada anak. Pada usia ini jika anak berhasil melewatinya dengan baik, maka perkembangan konsep dirinya akan berkembang baik, anak akan dapat berhubungan dengan orang lain secara sehat.

Menurut pengamatan selama dinas praktek di Ruang Bougenville RSUP Persahabatan selama 3 minggu, didapatkan data bahwa banyak orang tua dari anaknya yang dirawat di ruangan tersebut mempunyai anak pada usia toddler (baik anak yang dirawat maupun anaknya yang lain yang tidak dirawat) dimana mereka ketika ditanyakan keadaan anaknya pada usia toddler tersebut kurang dapat memahaminya bagaimana tugas perkembangan dari anak usia toddler tersebut.

Dari uraian tersebut di atas maka kami akan mengambil bahan untuk penyuluhan dengan fokus perhatian pada perawatan pada anak usia toddler terutama bagaimana cara mengasuh dan membimbing anak pada usia tersebut secara teoritis ilmiah yang telah dicoba dan diteliti sebelumnya.

A. TUJUAN INTRUKSIONAL UMUM
Pada akhir proses penyuluhan keluarga dapat mengenal dan memahami cara mengasuh dan membimbing anak usia toddler.

B. TUJUAN INTRUKSIONAL KHUSUS
Setelah diberikan penyuluhan keluarga dapat :
1. Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2. Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Menyebutkan hakikat mengasuh dan membimbing anak
4. Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 – 3 tahun)

C. SASARAN
Keluarga dengan anak usia toddler dengan latar pendidikan yang berbeda (10–15 orang)

D. MATERI ( TERLAMPIR)
1. Mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Hakikat mengasuh dan membimbing anak
4. Mengasuh dan membimbing anak usia toddler 1 – 3 tahun

E. METODE
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
F. MEDIA
1. Flip Chart
2. Leaflet
3. Poster

G. METODE EVALUASI
1. Keluarga dapat menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2. Keluarga dapat menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Keluarga dapat menjelaskan tentang hakekat mengasuh dan membimbing anak
4. Keluarga dapat menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 – 3 tahun)



H. KEGIATAN PENYULUHAN
No. Waktu Kegiatan Penyuluhan Kegiatan Audience
1. 10 Menit Pembukaan
1. Penyuluh memulai penyuluhan dengan mengucapkan salam
2. Memperkenalkan diri
3. Menjelaskan tujuan penyuluhan
4. Menyebutkan materi yang akan diberikan
5. Membagikan leaflet
1. Menjawab salam

2. Memperhatikan
3. Memperhatikan
4. Memperhatikan

5. Menerima dan membaca
2. 35 Menit Pelaksanaan :
1. Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2. Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Menyebutkan hakikat mengasuh dan membimbing anak
4. Memberikan kesempatan pada audience untuk bertanya dan memberikan jawaban atas pertanyaan
5. Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 – 3 tahun)
6. Memberikan kesempatan pada audience untuk bertanya dan memberikan jawaban atas pertanyaan

1. Memperhatikan

2. Memperhatikan



3. Memperhatikan

4. Bertanya dan mendengarkan jawaban


5. Memperhatikan


6. Bertanya dan mendengarkan jawaban

3. 10 Menit Evaluasi :
1. Meminta audience menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing
2. Meminta audience menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Meminta audience menyebutkan tentang hakikat mengasuh dan membimbing anak
4. Meminta audience menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 - 3 tahun)

1. Menjelaskan mengapa anak perlu diasuh dan dibimbing

2. Menyebutkan tentang hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh dan membimbing anak
3. Menyebutkan tentang hakikat mengasuh dan membimbing anak
4. Menjelaskan tentang mengasuh dan membimbing anak usia toddler (1 – 3 tahun)

4. 5 Menit Terminasi
1. Mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan
2. Mengucapkan salam penutup
1. Memperhatikan

2. Membalas salam


I. PENGORGANISASIAN KELOMPOK
Pembawa Acara : Triyani
Penyuluh : IGA Dewi Purnamawati
: Titik Juwariah
Observer : Irman Somantri, Tjahjanti K.
Fasilitator : Mulyadi, Novizar, Agus Mulyadi

J. DAFTAR PUSTAKA
Markum A.H., Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak, Jilid 1, Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 1991
Soetjiningsih, Tumbuh Kembang Anak, Cetakan I, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 1995
Whaley & Wong, Nursing Care of Infant’s and Children, Fifth Edition, Mosby Company, Missouri, 1995
Martono, Lydia Herlina, Mengasuh dan Membimbing Anak Dalam Keluarga, Edisi I, PT Pustaka Antara, Jakarta, 1996